
Asupan tinggi garam berkaitan dengan penurunan daya ingat lebih cepat pada pria

Ilustrasi. (THE ORGANIC CRAVE Ⓡ on Unsplash)
Konsumsi natrium yang lebih tinggi dapat mengganggu kemampuan memori episodik, jenis memori yang memungkinkan seseorang mengingat pengalaman pribadi dan peristiwa di masa lalu, seperti di mana Anda memarkir mobil, atau hari pertama Anda bersekolah.
Sydney, Australia (Xinhua/Indonesia Window) – Sebuah penelitian di Australia mengungkap bahwa asupan tinggi garam dapat mempercepat penurunan daya ingat pada pria, yang menyoroti pentingnya pilihan asupan makanan dalam mendukung kesehatan otak.
Studi tersebut menemukan konsumsi natrium yang lebih tinggi dapat mengganggu kemampuan memori episodik, jenis memori yang memungkinkan seseorang mengingat pengalaman pribadi dan peristiwa di masa lalu, seperti di mana Anda memarkir mobil, atau hari pertama Anda bersekolah, demikian menurut pernyataan dari Universitas Edith Cowan (Edith Cowan University/ECU) Australia yang dirilis pada Rabu (15/4).
Dengan mengukur asupan natrium dasar dan penurunan kognitif dari 1.208 peserta selama 72 bulan, para peneliti menemukan pria dengan tingkat konsumsi natrium yang lebih tinggi cenderung mengalami penurunan memori episodik yang lebih cepat, sementara tidak ada bukti hubungan kausal serupa yang terlihat pada perempuan.
Meskipun natrium memiliki beberapa fungsi fisiologis dan terkait erat dengan fungsi pemeliharaan tubuh, konsumsi natrium dalam jumlah besar secara konsisten dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular dan tekanan darah tinggi, menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Neurobiology of Aging tersebut.
Peneliti utama, Samantha Gardener, dari ECU mengatakan meskipun mekanisme molekuler di balik proses tersebut belum dipahami, asupan tinggi natrium dapat berkontribusi pada peradangan otak, kerusakan pembuluh darah, dan penurunan aliran darah ke otak.
Laporan: Redaksi
Bagikan

Komentar
Berita Terkait

China gunakan ‘drone’ besar untuk penyemaian awan di Dataran Tinggi Qinghai-Tibet
Indonesia
•
03 Oct 2022

Studi sebut efektivitas vaksin COVID-19 terhadap Omicron turun signifikan usai enam bulan
Indonesia
•
05 May 2023

China buka penawaran publik untuk proyek satelit pengindraan jauh Bulan
Indonesia
•
16 Feb 2025

Badan antariksa nasional Taiwan berganti nama menjadi TASA
Indonesia
•
07 Jan 2023


Berita Terbaru

Laut makin panas, ancaman terhadap manusia meluas hingga kesehatan mental
Indonesia
•
12 Aug 2026

Beton ramah lingkungan mengembang dalam 14 detik, biaya material bisa turun 94 persen
Indonesia
•
11 Aug 2026

Feature – Dari Laut Jawa ke Laut Banda: Jejak air tawar ungkap rahasia laut Indonesia
Indonesia
•
09 Aug 2026

Feature – Di tengah riuh IGD, AI bantu tentukan pasien yang harus didahulukan
Indonesia
•
08 Aug 2026
