
Studi: Pasangan menikah berisiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2

Ilustrasi. (freestocks on Unsplash)
Diabetes tipe 2 berisiko lebih rendah dialami oleh pasangan yang telah menikah, meskipun mereka tidak bahagia.
Jakarta (Indonesia Window) – Pasangan menikah, apakah mereka bahagia bersama atau tidak, berisiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2, ungkap sebuah studi terbaru.Laporan – yang didasarkan pada penelitian sebelumnya yang mengonfirmasi pernikahan bahagia terkait dengan kesehatan yang lebih baik – menemukan bahwa orang lajang di atas usia 50 tahun lebih mungkin mengembangkan diabetes tipe 2.Diabetes tipe 2 adalah gangguan dalam cara tubuh mengatur dan menggunakan gula (glukosa) sebagai bahan bakar. Kondisi jangka panjang (kronis) ini menyebabkan terlalu banyak gula yang beredar di aliran darah. Akhirnya, kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan gangguan pada sistem peredaran darah, saraf, dan kekebalan tubuh.Para ahli dari University of Luxembourg dan University of Ottawa di Kanada memeriksa data dari English Longitudinal Study of Aging pada 3.335 orang dewasa, berusia 50 hingga 89 tahun, yang tidak menderita diabetes pada awal penelitian.“Secara keseluruhan, hasil kami menunjukkan bahwa hubungan perkawinan/kohabitasi berbanding terbalik dengan tingkat HbA1c terlepas dari dimensi dukungan atau tekanan pasangan,” kata para peneliti dalam penelitian tersebut.”“Demikian pula, hubungan ini tampaknya memiliki efek perlindungan terhadap kadar HbA1c di atas ambang batas pra-diabetes.”Data menunjukkan bahwa 76 persen orang dalam analisis yang tidak mengembangkan diabetes tipe 2 menikah atau hidup bersama.“Peningkatan dukungan untuk orang dewasa yang lebih tua yang mengalami kehilangan hubungan perkawinan/kohabitasi melalui perceraian atau kehilangan, serta pengungkapan stereotip negatif seputar hubungan romantis di kemudian hari, dapat menjadi titik awal untuk mengatasi risiko kesehatan, lebih khusus lagi penurunan glikemik, yang terkait dengan transisi perkawinan pada orang dewasa yang lebih tua,” kata The Guardian mengutip Katherine Ford, peneliti utama dalam studi tersebut.Sifat dan kualitas hubungan, bagaimanapun, tidak berpengaruh pada tingkat rata-rata glukosa darah, yang menunjukkan bahwa memiliki hubungan lebih penting daripada hubungan yang tegang.Sumber: Al Arabiya EnglishLaporan: RedaksiBagikan

Komentar
Berita Terkait

Bangladesh resmikan pabrik pupuk ramah lingkungan pertama
Indonesia
•
14 Nov 2023

Tamu internasional serukan kerja sama lebih lanjut dalam eksplorasi antariksa
Indonesia
•
05 May 2024

Museum peninggalan budaya berusia 4.000 tahun dibuka di Xiangfen, China
Indonesia
•
15 Nov 2024

China tingkatkan tata kelola dunia maya yang berbasis hukum
Indonesia
•
19 Jun 2024


Berita Terbaru

Laut makin panas, ancaman terhadap manusia meluas hingga kesehatan mental
Indonesia
•
12 Aug 2026

Beton ramah lingkungan mengembang dalam 14 detik, biaya material bisa turun 94 persen
Indonesia
•
11 Aug 2026

Feature – Dari Laut Jawa ke Laut Banda: Jejak air tawar ungkap rahasia laut Indonesia
Indonesia
•
09 Aug 2026

Feature – Di tengah riuh IGD, AI bantu tentukan pasien yang harus didahulukan
Indonesia
•
08 Aug 2026
